Pemkab Taput Ajukan 95 Perda Tata Ruang

bontor-hutasoitTaput:Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Pemkab Taput) melalui Kepala Bagian Hukum dan Organisasi, Bontor Hutasoit menegaskan jika saat ini, pihak Pemkab telah menyelesaikan sebuah rancangan Peraturan Daerah (Perda) tentang Tata Ruang yang disusun dalam 95 pasal yang akan diajukan ke meja pembahasan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat.

Informasi dihimpun Orbit Digital, Senin (2/6), rancangan Perda Tata Ruang yang disusun Pemkab ini, secara lengkap terdiri atas 12 Bab dan 95 pasal yang mengatur tentang tata ruang daerah ini. Tindak lanjut penggodokan rancangan Perda yang telah dirampungkan Pemkab, sesuai jadwal juga akan diikuti dengan penyerahan berkas rancangan dimaksud kepada legislator setempat esok hari, Selasa (3/6).

“Kita telah menyelesaikan penggodokan dan penyusunan rancangan Perda Tata Ruang yang disusun dalam 95 pasal tentang Tata Ruang Kabupaten Tapanuli Utara. Rencananya, rancangan ini akan diserahkan besok untuk segera mendapatkan pembahasan di meja Dewan,” ujar Bontor kepada Orbit Digital.

Dikatakan, inti dari pasal per pasal Perda ini bertujuan untuk mewujudkan tata ruang daerah yang berbasis pertanian dan agroindustri yang didukung sektor pariwisata, pertambangan, dan energi, yang produktif, efisien dan  aman dengan memperhatikan pemerataan pembangunan, mitigasi bencana serta arah pembangunan yang berkelanjutan.

“Perlu kita beritahukan juga, dalam pasal Perda ini, upaya mempermudah, memperlancar, dan mengembangkan penciptaan iklim investasi daerah juga diakomodir dengan baik,” sebutnya.

Harapnya, dengan terbitnya Perda dimaksud, nantinya, di wilayah Kabupaten Taput, setiap basis basis, baik itu basis tataruang Perkantoran, Pertanian, dan sebagainya akan tercipta dengan baik. Sebab, Perda ini akan diposisikan sebagai dasar kepastian hukum yang akan menunjang arah pembangunan yang lebih terarah.

Soal rancangan Perda dimaksud, Bontor mengakui bahwa mungkin saja masih banyak kekurangan yang akan dibenahi. Sehingga, poin pembahasan maupun evaluasi dari Anggota Dewan selaku pihak legislator akan sangat membantu penyempurnaan peraturan itu.

Sebagai informasi  awal, Bontor menyebutkan bahwa rancangan Perda yang segera akan diserahkan Pemkab itu terdiri atas 95 pasal yang dimuat dalam 12 Bab, masing masing, Bab 1 berisi pasal tentang ketentuan umum, dan bab 2 yang berisi tujuan, kebijakan, dan strategi. Sementara bab 3 memuat tentang rencana ruang wilayah Kabupaten, dan bab 4 berisi rencana pola ruang wilayah, serta bab 5 yang mengakomodir pasal tentang penetapan kawasan strategis. Kemudian, bab 6 Perda tersebut berisikan pasal tentang arah pemanfaatan ruang, dan bab 7 tentang ketentuan pengendalian pemanfaatan ruang. Untuk bab ke-8, pembinaan, pengawasan, dan peran serta masyarakat juga termuat dalam pasal perda ini. Dan bab ke-9 memuat tentang kelembagaan. Terakhir,  3 bab berikutnya, yakni bab 10, bab 11, dan bab 12 merupakan pasal ketentuan peralihan, ketentuan lainlain, dan ketentuan penutup atas rancangan Perda Tata Ruang dimaksud.

Laporan|Rinto Aritonang
Editor|Irma

Sumber : www.harianorbit.com

Posted on Juni 4, 2014, in Berita. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: