Ribuan Pelanggan PDAM Tak Pakai Meteran

TARUTUNG – Sekitar 3.000-an pelanggan PDAM Mulai Natio Tarutung, Taput belum memakai meteran. Akibatnya, volume air yang digunakan pelanggan tidak dapat dihitung secara pasti serta rawan pencurian.
Hal itu disampaikan Direktur PDAM Mual Natio Lamtagon Manalu, Sabtu (9/8). “Dari hasil pendataan kami baru-baru ini, ada 3.000-an dari 7.600 pelanggan yang belum pakai meteran. Jadi, tidak ada catatan berapa volume air yang dipakai mereka,” terangnya.
Sehingga pembayaran rekening airnya terpaksa dengan metode taksiran atau dikenakan tarif abodemen saja. Dan untuk mengatasi itu, pihaknya berupaya agar semua pelanggan bermeteran air. “Setelah mengetahui fakta ini, kami mulai berbenah. Kami upayakan agar pelanggan yang belum menggunakan meteran untuk segera memakainya. Itu program kami ke depan,” sebutnya.
Mantan Ketua KPU Taput ini mengatakan, saat ini kondisi sarana prasarana milik perusahaan daerah itu banyak yang sudah tua. Salah satunya instalasi pipa transmisi. Akibatnya banyak yang bocor, sehingga PDAM sendiri kehilangan sekitar 15 persen air dari kebocoran itu.
“Distribusi ke pelanggan sering terganggu karena pipa transmisi yang bocor ini. Pipanya tetap itu dari dulu, sementara pelanggan bertambah. Belum lagi gangguan karena kebocoran pada sambungan pipa yang terjadi di hampir semua unit,” ujar Lamtagon seraya mengatakan anggaran pengadaan meteran dan peremajaan jaringan pipa itu akan diupayakan dari dukungan APBD Pemkab Taput dan pendapatan perusahaan.
Menunggu terealisanya program perbaikan dan peremajaan pipa itu, Lamtagon mengimbau agar para pelanggan mulai melakukan gerakan hemat air. Itu juga untuk kepentingan bersama. “Hematlah penggunaan air, agar di tengah keterpurukan ini semua pelanggan masih bisa dilayani,” ujarnya.
Lamtagon juga mengimbau agar pembayaran tagihan air tepat waktu, yakni dari tanggal 1-20 setiap bulannya. Jika telat, maka dikenakan denda reguler.
“Pembayaran tepat waktu ini juga demi memperlancar operasional petugas kami di lapangan. Misalnya dalam memperbaiki kebocoran pipa. Sambil kita berupaya melakukan pembenahan semua masalah tadi,” pungkas Lamtagon.(bl)

Sumber : www.metrosiantar.com

Posted on Agustus 11, 2014, in Berita. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: